Contoh Pidato Bahasa Indonesia ( Kenaikan BBM )




Contoh Pidato Bahasa Indonesia ( Kenaikan BBM )


Contoh Pidato Bahasa Indonesia ( Kenaikan BBM )Assalamualaikum, gimana kabarnya? Haha hari minggu yang cerah ini, tapi aku besok harus uts :( haha *lebay

Oke, berpengalaman dari tugas dulu-dulu, mungkin kalau boleh aku tebak, kalau disuruh bikin pidato sama gurunya, pasti bingung mau bikin pidato apa. Bingung juga harus memulai darimana. Nah, berhubung aku punya contoh pidato bahasa indonesia, siapa tau kalian bisa langsung copy-paste dan membantu kalian dalam megerjakan tugas :)

Topik yang aku ambil adalah 'kenaikan bbm'. Tau sendiri kan waktu bbm mau naik, demo dimana-mana. Nah, semakin banyak pro-kontra kan semakin mudah untuk merangkai kata-kata sebuah pidato hehe. Yaudah, langsung aja simak contoh pidato kenaikan bbm ini :


                                         Pembuka

Assalamualaikum Wr. Wb.


Perkenalkan nama saya isi dengan nama kalian, saya berasal dari isi nama sekolah, dan kelas kalian

Dewan guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya banggakan.

Puji dan syukur, kita panjatkan ke hadirat Allah SWT  karena berkat karunia-Nya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat di tempat ini.

Sholawat serta salam terlimpah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, serta sahabat beliau. Semoga kita tetap menjadi umatnya hingga akhir zaman.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato yang  bertema  kenaikan BBM oleh pemerintah negeri Indonesia.                                                     

Dengan kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang kenaikan BBM yang dicanangkan oleh pemerintah. Rencana kenaikan BBM yang akan direncanakan oleh pemerintah mendapat ribuan pro-kontra oleh masyarakat Indonesia. Tetapi lebih banyak yang kontra akan hal itu, karena menurut mereka akan lebih memberatkan bagi mereka. Apalagi warga yang kurang mampu.
  
        Karena BBM berpengaruh bagi ekonomi di Indonesia ini, missal kalau BBM naik, maka transportasi umum yang biasa kita sebut seperti angkutan umum atau yang lainnya, maka akan mengalami kenaikan harga. Bumbu dapur, dan kebutuhan sehari-hari juga pasti akan naik, dan itu akan makin memberatkan rakyat.
          Bagi beberapa yang setuju dengan kenaikan ini, mereka berharap agar pendistribusian BBM agar berjalan dengan baik, tidak seperti yang dulu, tidak ter distribusi dengan baik. Ada kecurangan di beberapa Pom Bensin yang sedikit demi sedikit merugikan negara.
     
     Sekarang, para mahasiswa mulai menjalankan aksi demo nya di berbagai kota. Ini adalah salah satu tindakan penolakan oleh masyarakat kita yang di wakilkan oleh para mahasiswa. Sebagai aksinya, mereka banyak membakar foto-foto para pemerintah. Dan foto Presiden kita pun tidak luput dari aksi itu. Banyak foto yang di cora-coret dan dibakar di pinggir jalan.
    
      Kalau Presiden SBY tetap menaikkan BBM, para mahasiswa akan menurunkan SBY menjadi Presiden, itulah yang sering lagi diperbicarakan di beberapa TV swasta. Karena tidak mudah menjaga kestabilan harga dengan baik, dan perlu dipikirkan masak-masak agar tidak mengambil keputusan yang bisa merugikan diri sendiri.
     
     Presiden RI sudah menyelenggarakan pidato tentang kenaikan BBM, tapi menurut saya, saya juga tidak setuju akan hal ini.  Hal ini hanya membuat warga yang miskin makin miskin dan yang kaya makin kaya. Dibalik kenaikan BBM ini, juga ada BLT (Bantuan Langsung Tunai) untuk para masyarakat yang kurang mampu, tapi apa? Mereka yang mau mendapatkan itu harus bersusah payah mengantri dari pagi hari sampai sore hari, dalam keadaan panas, banyak juga beberapa yang pingsan hanya karena menginginkan yang tidak seberapa itu.
     
     Sungguh, sekarang pemerintah kurang bisa mengerti akan hal masyarakatnya. Mereka seenaknya menaikkan apa saja, sedangkan warganya sedang kesusahan. Seharusnya adakan dulu sekolah berjalan di desa-desa. Agar Indonesia, Negeri kita menjadi negara yang bebas kebodohan dan kemiskinan. Penyebab kemiskinan itu dari kebodohan yang tidak tau apa-apa. Yang tidak mau tau tentang segalanya. Apalagi didukung oleh sekolah yang biayanya makin tinggi.
     
     Di jaman yang makin modern ini, semua dilakukan dengan mesin, agar mendapat hasil yang memuaskan dan lebih cepat dan praktis. Untuk mengoperasionalkan mesin-mesin ini, pastinya kita semua membutuhkan bahan bakar untuk menggerakannya. Kalau bukan menggunakan bensin, alternatif lain ialah batu baterai. Seperti contoh yang sudah banyak kita lihat di ibukota, misalnya : Motor, Mobil, dll. Mereka bergerak harus membutuhkan bahan bakar, betul tidak? Apabila bahan bakar tarifnya naik, mungkin beberapa orang memilih berhenti untuk menggunakan kendaraan pribadi, dan lebih memilih naik angkutan umum.
       
    Tapi untuk yang tidak mampu, mereka yang hanya mengandalkan sepeda motor, lalu bahan bakar kendaraan naik, mereka ingin naik angkutan umum, tetapi tarif angkutan umum juga mengalami kenaikan tarif. Ya, makin terpuruk orang-orang yang gajinya hanya cukup untuk makan pas-pas an sekarang harus mengeluarkan dana mereka lebih banyak hanya untuk Bahan Bakar Minyak (BBM)
          Jadi, dari kesimpulan ini, dapat kita simpulkan bersama-sama, kenaikan tariff bbm memang membawa beberapa keuntungan untuk negara kita, tetapi kerugiannya pun tentu lebih banyak. Para pemerintah akan mendapatkan berita tidak sedap dari masyarakatnya, ketidak becus-an tentang mengatur dan mengelola bahan minyak di negara Indonesia.
       
   Seandainya kali ini pemerintah dapat mengelola hasil bbm itu dengan baik, maka masyarakat tidak perlu ragu dan berdemonstrasi lagi akan kenaikan ini. Tetapi, dari pengalaman yang sudah di alami banyak dari tahun-tahun silam, dana dari kenaikan harga bbm tidak dapat di manfaatkan dengan baik oleh pemerintah. Yang ada malah jaman ini makin maraknya tentang “Korupsi”. Orang dalam yang bekerja sama dalam suatu pihak demi kepentingan mereka bersama.
      
    Demikianlah sedikit pidato yang bisa saya berikan kepada semuanya, mudah-mudahan ini menjadi ajang intropeksi diri untuk pemerintah dan untuk kita semua. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan atau kurang sopan. Karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT dan kekurangan milik manusia. Wassalamualaikum warrohmatullahi wabarokatuh.. 


16 comments:

  1. Keren pidatonya, numpang nyimak ya

    ReplyDelete
  2. Salam Sukses, sahabat....
    Saya berkunjung untuk silaturahmi,
    sekalian memberikan informasi untuk sahabat blogger smuanya,
    Kontes Review untuk mendukung penghijauan bumi tinggal 1 minggu lagi.
    Berhadiah JUTAAN rupiah lho....
    Kontes ini bukan kontes SEO murni jadi dapat diikuti oleh siapapun....
    Info Selengkapnya:
    www.MitraBibit.com

    ReplyDelete
  3. wah bagus neh buat tugas bahasa indonesia ane :D
    thx ya dah share ...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar.
No Iklan, No Spam, No Porn.
Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Thankyou guys <3

 
Return to top of page Copyright © 2016 | Powered by Blogger Modified by TIA BLOG